Doa untuk Orang Sakit yang Shahih Beserta Artinya

Menjenguk orang sakit memiliki pahala yang luar biasa dan amalan ringan yang disukai oleh para Malaikat. Gunakan 3 doa ini ketika menjenguk orang sakit agar pahala bertambah
Doa untuk orang sakit sesuai tuntunan Nabi berdasarkan hadis shahih.

Sakit merupakan cobaan dan ujian yang Allah berikan kepada seorang hamba. Apabila seseorang beriman, bertawakal dan bersabar atas penyakitnya, maka Allah akan memberikan ganjaran terbaik baginya. Namun, kita dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan meminta pertolongan dari Dzat Yang Maha Kuasa agar senantiasa diberikan kemampuan untuk bertakwa. Salah satu doa dan dzikir yang pernah kita ulas agar terhindar dari virus Corona dan wabah penyakit. Tapi jika terlanjur penyakit menghampiri atau kita hendak menjenguk orang sakit, doa untuk orang sakit yang Rasulullah ajarkan berikut ini selayaknya kita amalkan.

1. Doa ketika menjenguk orang sakit yang pertama

Doa untuk orang sakit dan ketika kita menjenguk orang yang terkena cobaan ini diriwayatkan dalam kitab shahih imam Bukhari dan imam Muslim.

‘Abdul ‘Aziz bin Shahib dan Tsabit pernah menemui Anas bin Malik. Tsabit berkata pada Anas bin Malik saat itu, “Wahai Abu Hamzah (nama panggilan dari Anas bin Malik), aku sakit.” Anas bin Malik berkata: “maukah aku meruqyahmu (menyembuhkanmu) dengan ruqyah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Tsabit pun menjawab, “Iya, boleh.” Lalu Anas membacakan do’a:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

“Ya Allah, wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi” (HR. Bukhari Nomor 5742 dan Muslim Nomor 2191)

2. Doa untuk orang sakit yang kedua

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh imam Tirmidzi, kita dianjurkan membaca doa di bawah ini bagi orang sakit sebanyak 7 kali.

Doa untuk orang sakit yang dimaksud yaitu:

أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيْمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Apabila orang yang sakit adalah laki-laki: AS ALULLOH AL-‘ADZIIM ROBBAL ‘ARSYI AL-‘ADZIIM AN YASHFIYAKA

Jika menjenguk orang sakit perempuan: AS ALULLOH AL-‘ADZIIM ROBBAL ‘ARSYI AL-‘ADZIIM AN YASHFIYAKI

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan yang menguasai ‘arsyi yang agung, agar menyembuhkan penyakitmu” (Shahih Tirmidzi 2/210 dan Shahih Jami’ 5/180).

3. Doa untuk orang sakit yang ketiga

Dari hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dari Ibnu ‘Abbas rodhiyallohu ‘anhumaa, Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam saat menjenguk orang sakit mengucapkan:

لاَ بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

LAA BA’SA THOHUURUN IN SYAA ALLOHU

“Tidak mengapa, insya Allah sakitmu ini membuat dosamu bersih” (HR. Bukhori Nomor 3616).

Ketiga doa untuk orang sakit di atas perlu kita amalkan dan rutinkan. Sebab, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengabarkan kepada kita bahwa menjenguk saudara sesama muslim yang sakit akan didoakan oleh para malaikat.

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ

“Apabila seorang laki-laki berkunjung kepada saudaranya yang muslim, maka seakan-akan dia berjalan di kebun Surga hingga duduk. Apabila sudah duduk, maka dituruni rahmat dengan deras. Apabila berkunjung di pagi hari, maka 70.000 malaikat akan mendoakannya, agar mendapat rahmat hingga sore. Apabila berkunjung di sore hari, maka 70.000 malaikat akan mendoakannya agar diberi rahmat hingga pagi” (HR. Ibnu Majah dalam Shahih Ibnu Majah 1/244 dan Tirmidzi dalam Shahih Tirmidzi 1/286. Ahmad Syakir menyatakan bahwa hadits tersebut adalah shahih)

Seorang muslim yang menjenguk orang sakit tidak hanya didoakan 1 malaikat saja, melainkan 70.000 (tujuh puluh ribu) malaikat. Para malaikat yang jumlahnya sangat banyak tidak henti dan tanpa lelah memohonkan kepada Allah ﷻ.

Selain menjenguk sesama muslim, kita juga dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan ringan lain di dalam ruangan yang dapat kita lakukan seperti melakukan ibadah shalat dhuha dan membaca doa setelah wudhu. Walaupun terlihat sederhana, tapi pahala perbuatan-perbuatan tersebut sangat besar di sisi Allah ﷻ.