Doa Sebelum Belajar dan Menuntut Ilmu (Update 2022)

Doa-doa sebelum belajar dan menuntut ilmu agar Allah memberikan keberkahan bagi ilmu yang kita pelajari dan mampu kita amalkan
Doa Sebelum Belajar dan Menuntut Ilmu (Update 2022) berdasarkan dalil shahih.

Belajar dan menuntut ilmu merupakan bentuk amal yang sangat ditekankan dalam Islam dan wajib bagi kaum muslimin. Kewajiban tersebut berlaku untuk laki-laki maupun perempuan, tua atau muda, dan kaya juga miskin. Karena kondisi ini, kita perlu mengerti dan mengamalkan doa sebelum belajar agar memperoleh keberkahan ilmu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda tentang keharusan setiap muslim untuk menuntut ilmu agama:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

”Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim” (HR. Ibnu Majah. Dinilai shahih oleh Syaikh Albani dalam Shahih wa Dha’if Sunan Ibnu Majah Nomor. 224)

Allah ﷻ mengungkapkan keajaiban doa dengan menunjukkan kedekatan-Nya kepada orang-orang beriman yang memanjatkan doa.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (QS. Al Baqarah: 186).

Syaikh Abdurrahman bin Nashr Alu Sadi dalam kitab Taisir Al-Karimir Rahmaan fii Tafsiiri Kalaam Al-mannaan halaman 87 membagi kedekatan Allah ﷻ terhadap hamba menjadi 2 yaitu:

  1. Kedekatan umum dengan ilmu-Nya kepada seluruh makhluk,
  2. Kedekatan khusus pada hamba-Nya yang beriman dan berdoa kepada Allah ﷻ, yaitu Allah ﷻ akan mengabulkan doanya, memberikan petunjuk dan menyayanginya.

Dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

“Tidak ada sesuatu yang lebih besar pengaruhnya di sisi Allah Ta’ala selain do’a” (HR. Tirmidzi Nomor 3370, Ibnu Majah Nomor 3829, Ahmad 2/362. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Setelah kita memahami pentingnya berdoa dan menuntut ilmu, kita perlu mengamalkan doa sebelum belajar guna mendapatkan kebaikan dalam ilmu yang kita pelajari.

Baca juga: 20+ Doa dan Dzikir Ketika Wabah Corona Melanda

Kumpulan doa sebelum belajar

Doa-doa berikut diambil berdasarkan dalil yang shahih sehingga dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari ataupun kita panjatkan sebagai doa sebelum belajar.

1. Doa meminta ilmu yang bermanfaat

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima” (Musnad Imam Ahmad, 6/322; Sunan Ibnu Majah Nomor. 925. Hadits ini dinilai sebagai hadits shahih oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih Ibni Majah Nomor 753)

Doa ini dibaca 1 kali sebagai dzikir pagi setelah shalat shubuh sampai paling telat menjelang adzan shalat dhuhur.

2. Doa agar diberikan ketakwaan dan dijauhkan dari ilmu tidak bermanfaat

اللهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْوَاهَا، وَزَكِّهَا أَنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاهَا، أَنْتَ وَلِيُّهَا وَمَوْلَاهَا، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دَعْوَةٍ لَا يُسْتَجَابُ لَهَا

“Ya Allah karuniakan ketakwaan pada jiwaku. Sucikanlah ia (jiwaku), sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik yang mensucikannya, Engkau-lah Yang Menjaga serta Melindunginya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari Ilmu yang tidak manfaat, hati yang tidak khusyu, dan doa yang tidak diijabahi” (HR. Muslim Nomor 2722).

3. Doa meminta tambahan ilmu yang bermanfaat

اللَّهُمَّ انْفَعْنِى بِمَا عَلَّمْتَنِى وَعَلِّمْنِى مَا يَنْفَعُنِى وَزِدْنِى عِلْمًا

“Ya Allah, berilah manfaat pada ilmu yang telah Engkau ajarkan padaku, ajarilah aku hal-hal yang bermanfaat untukku, dan tambahkanlah aku ilmu. (HR. Ibnu Majah Nomor 251 dan Tirmidzi Nomor 3599).

4. Doa agar tidak pikun

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, aku berlindung kepada-Mu kepada serendah-rendahnya usia (pikun), aku berpindung kepada-Mu dari fitnah dunia, dan aku berlindung berlindung kepada-Mu dari adzab kubur” (HR. Bukhari Nomor 2822).

5. Doa memohon seluruh kebaikan yang Nabi Muhammad minta

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ بِهِ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لِي خَيْرًا

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu seluruh kebaikan yang segera (dunia) dan yang tertunda (akhirat), kebaikan yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui. Dan aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan yang segera (dunia) dan yang tertunda (akhirat), yang aku ketahui dan yang tidak aku ketahui. Aku meminta kepada-Mu kebaikan semua doa yang pernah diminta oleh hamba dan nabi-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan, yang hamba dan nabi-Mu pernah berlindung darinya. Aku memohon surga kepada-Mu dan segala perkataan dan perbuatan yang mendekatkan kepadanya. Aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan segala perkataan dan perbuatan yang mendekatkan kepadanya. Aku meminta segala sesuatu yang telah Engkau takdirkan untukku, hendaklah Engkau jadikan kebaikan bagiku” (HR. Ahmad Nomor 25019, Ibnu Majah Nomor 3846 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Baca juga: Bacaan Doa Ketika Hujan Agar Terhindar dari Musibah

Kesimpulan

  1. Hukum belajar dan menuntut ilmu adalah wajib bagi setiap muslim tanpa memandang jenis kelamin, usia, jabatan, harta, atau tempat tinggal,
  2. Jenis ilmu yang wajib dimiliki yaitu pemahaman tentang agama Islam seperti pokok-pokok keimanan, pemahaman tentang syariat dan tata cara ibadah, pengetahuan berhubungan dengan interaksi antar manusia dan semisalnya,
  3. Mempelajari ilmu duniawi (selain ilmu agama) tergantung dengan niat dan kegunaan ilmu tersebut bagi agama Islam dan kaum muslimin,
  4. Allah ﷻ mencintai orang-orang beriman yang berdoa dengan bentuk kecintaan-Nya berupa mengabulkan permohonan yang hamba minta,
  5. Doa sebelum belajar sangat banyak, namun dengan mengamalkan doa-doa yang tercantum dalam artikel ini secara rutin dan konsisten dapat memberikan manfaat yang luar biasa.

Baca juga: Apa Benar Wanita Mendapat Bidadara? Temukan Penjelasan Lengkapnya

Allahu a’lam.